Keluarga | Family

Tidak ada keluarga yang sempurna

Semuanya pasti memiliki masalahnya masing-masing

Bahkan keluarga yang terlihat selalu baik-baik saja sekalipun

Masalah kecil, masalah besar

Semuanya penting untuk dikomunikasikan dan didiskusikan

Jika tidak, yang kecil bisa menjadi besar

Yang besar, akan semakin besar

Bahkan bisa jadi meledak suatu saat


Pilihannya ada dua

Membiarkan seolah tak terjadi apa-apa

Namun ikatannya rapuh

Bahkan bisa jadi menimbulkan masalah-masalah baru

Atau

Menghadapinya

Menurunkan ego masing-masing

Dan jujur satu sama lain


Kedua pilihan itu tidak ada yang mudah

Yang pertama, pastinya membuat kita menderita (yang bisa jadi) selamanya

Atau malah membuat kita memiliki penyesalan di masa nanti

Yang kedua, sulit dimulai

Dan hasilnya belum tentu bisa terselesaikan secara langsung


Keluarga saya pun begitu

Tidak hanya satu atau dua kali mencoba membicarakan

Pernah malah menimbulkan kesalah-pahaman

Pernah malah membuat jarak kami satu sama lain semakin jauh


Tapi saya sendiri tidak ingin membiarkan keluarga kecil ini tetap seperti ini

Jika saya ingin dimengerti, maka saya harus memahami diri saya sendiri terlebih dahulu

Kenapa yang cara saya malah salah dimengerti

Hal ini yang juga membuat saya akhirnya memberanikan diri ke psikiater

Bisa jadi ada yang keliru di dalam diri saya

Karena tidak hanya berdampak di keluarga

Hubungan saya dengan teman, maupun dengan pasangan saya (dulu) juga

Dan ternyata benar

Diagnosa Borderline Personality Disorder atau gangguan kepribadian ambang


Saya tidak ingin menjadikan gangguan ini sebagai alasan untuk 'minta' dimengerti orang lain

Tapi saya ingin memperbaiki diri


Pertama saya mencoba untuk jujur dengan diri sendiri

Apa yang dirasakan

Apa yang membuat saya merasakan hal tersebut

Membicarakan bahwa kejadian yang sudah terlewati tidak akan bisa diapa-apakan lagi

Menyampaikan bahwa pembicaraan tersebut bukan untuk mencari siapa yang salah

Hanya ingin mengungkapkan apa yang dirasakan

Agar tak ada lagi ganjalan di dalam hati


Syukurlah, kini ada hasil

Meski memakan waktu hingga bertahun-tahun

Tapi semakin lama membuat kami semakin bisa jujur satu sama lain

Semakin menguatkan satu sama lain

Semakin ingin meringankan beban satu sama lain



Saya juga ingin suatu saat jika Allah menakdirkan saya memiliki keluarga sendiri

Menemukan jodoh

Amin. Insya Allah

Keluarga yang selalu jujur satu sama lain inilah yang saya inginkan

Yang akan saling belajar (setiap harinya) untuk memahami satu sama lain

Bagaimanapun manusia adalah makhluk yang sangat dinamis, bukan?


Semoga curahan hati saya bisa memberi manfaat untuk Anda


XOXO,

AKRF

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top